Salah satu faktor yang membuat kerja dari rumah kurang efektif adalah karena banyaknya distraksi. Padahal saat ini kerja dari rumah tak hanya dilakukan oleh remote worker atau freelancer saja. Melainkan hampir seluruh perusahaan memberlakukannya karena adanya anjuran social distancing dari pemerintah terkait wabah Covid-19 yang sedang terjadi di Indonesia.
Bagi Anda yang telah terbiasa bekerja di rumah, tentu tak akan merasa kesulitan. Namun, bagi yang biasanya bekerja di kantor, tentu akan perlu sedikit adaptasi. Bagaimana tidak, biasanya Anda bekerja di kantor sesuai waktu yang ditentukan. Misalkan, Anda diharuskan bekerja nine to five sehari dan tentunya akan diawasi oleh atasan.
Namun, tentu ada kelebihan kerja di rumah. Waktu yang Anda miliki menjadi lebih fleksibel, yang penting tugas selesai tepat waktu. Selain itu, waktu Anda juga tak terbuang di perjalanan. Sekaligus Anda tak perlu memikirkan memakai baju kantor dan menyiapkan segala macam keperluan saat akan berangkat ke kantor.
Berikut tips kerja dari rumah yang dapat Anda terapkan agar tetap efektif dan produktif.
- Buat Manajemen Waktu
Langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah membuat manajemen waktu yang jelas. Kapan Anda harus bekerja, berkumpul dengan keluarga dan beristirahat sejenak serta selesai bekerja dalam sehari. Komunikasikan dengan keluarga agar mereka mengerti dan tidak mengganggu waktu kerja Anda.
Wujudkan pula area kerja yang bersih agar Anda nyaman dan lebih fokus. Bila perlu buatlah ruang kerja sendiri di rumah. Atau cari area yang sekiranya nyaman untuk Anda bekerja, taman atau rooftop di rumah Anda misalnya.
- Komitmen untuk Menghindari Distraksi
Saat Anda bekerja di rumah, Anda merasa tak ada yang mengawasi, akhirnya Anda menyempatkan diri untuk melihat sosmed, tak terasa ternyata waktu Anda untuk mengerjakan tugas terpangkas setengah jam. Atau adanya gangguan secara eksternal. Misalnya, mencuci baju, memasak, keluarga menonton televisi sehingga konsentrasi Anda terganggu.
Berikan komitmen pada diri Anda sendiri untuk dapat menghindari berbagai distraksi tersebut. Pertama kali mungkin memang sedikit sulit. Namun, jika telah beberapa hari Anda akan terbiasa untuk melakukannya.
- Buat Target yang Jelas
Buatlah target kerja yang jelas pada tiap detail pekerjaan yang harus Anda selesaikan. Setelah itu fokuslah untuk menyelesaikannya. Gunakan waktu secara maksimal. Bila perlu siapkan segala keperluan sebelum Anda mulai bekerja. Misalkan, air minum, camilan dan lain sebagainya.
Usahakan pekerjaan Anda selesai sesuai target. Dengan demikian, atasan Anda pun akan percaya dan yakin bahwa Anda benar-benar bekerja dengan efektif dan maksimal walaupun dari rumah.
Itulah tadi tips simpel bagi Anda yang sedang dalam kondisi kerja dari rumah. Semoga dapat membantu Anda menyelesaikan semua target pekerjaan dengan efektif dan maksimal.